kopi JOSS ??? Tak Harus ke JOGJA


Kopi Joss merupakan minuman khas kota pelajar, Jogjakarta. Namun, siapa bilang untuk menikmati kopi arang ini, kita harus menempuh perjalanan selama tujuh jam menuju kesana dahulu?

 Hanya butuh waktu beberapa menit untuk menikmati suasana angkringan khas kota Jogja yang kini hadir di Surabaya. Di daerah Dukuh Kupang  tepatnya,saya menuju kesana dari Wonokromo ke jalan Mayjen Sungkono, hingga bertemu hotel Shangrilla lalu belok kanan, kanan lagi, dan bertemulah dengan tulisan “Kopi JOSS..Angkringan khas Jogja”
kopi JOSS
 Saya rasa inilah satu satunya tempat nongkrong di Surabaya yang menyediakan kopi joss dilengkapi suasana Jogja. Sabtu malam minggu lalu, 3 Maret tepatnya, saya kesana bersama tiga orang teman lainnya. Ramai sekali angkringan itu, beruntung masih ada satu meja tersisa untuk kami. Lumayan banyak anak muda Surabaya yang (mungkin) merindukan Jogja mampir ke angkringan itu. Tempatnya tidaklah mewah, bahkan terkesan sangat sederhana, yaa..hanya lesehan sederhana dengan beberapa kitar lusuh yang dijejer di trotoar, tetapi bikin betah. Tempat itu  Tak hanya menyediakan kopi jos, namun juga banyak minuman lain seperti warung-warung kopi biasanya. Tak hanya minuman, disediakan pula nasi kucing (masih seperti Jogja) dengan berbagai pilihan lauk pauk. Harga segelas kopinya juga standar, hanya Rp 2500,00 saja. Untuk lebih praktis, kami berempat memesan satu teko kopi jos dengan empat gelas kosong, jadi kita bisa menuang kopi sendiri dan (tentunya) beberapa kali. Harga satu tekonya Rp 10000,00. Sayangnya saya hanya minum kopi jos saja, tidak mencoba nasi kucing dan aneka lauknya, jadi saya pun tidak mengerti berapa harga makanannya.

Rasa kopi jos di angkringan itu juga sama seperti kopi jos di Jogja dan pastinya berbeda dengan kopi tubruk biasa. Cara pembuatannya juga sama, berawal dengan membakar arang di perapian, membuat kopi tubruk biasa,  lalu menambahkan arang yang masih panas  karena langsung diangkat dari perapian ke gelas-gelas yang sudah dipesan. Rasa arangnya sangat terasa, menambah rasa gurih pada kopi, dan karena keunikannya kopi inipun mendapatkan popularitas. Aromanya juga cukup khas lantaran ada bau bara arang yang mengepul bercampur dengan aroma kopi.

Jadi, jika anda-anda yang berada  di Surabaya belum pernah pergi ke Jogjakarta, apalagi menikmati kopi spesial ini, tak ada salahnya anda mencicipi di kota sendiri dahulu. Hal ini juga sangat penting untuk anak rantau dari Jogja yang tengah merindukan kota asalnya.