AYO MAIN LAMAR-LAMARAN … (2)


Dear my digital diary, long time ga corat coret curhat disini, bulan ini belum sama sekali
Mau tau lanjutan ‘cerita’ AYOMAIN LAMAR-LAMARAN ini?? Yuk mariiii…..
Ini MEI, bulan kedua saya jadi jobseeker pasca wisuda 25 Maret lalu. Bulan ini berat, dengan kebutuhan yang semakin memadat, ekonomi kian menjerat, dan belum ada pekerjaan yang mengikat.
Bulan ini saya sering banget uring-uringan dan mempertanyakan keadilan, yang namanya nolak dan ditolak perusahaan udah jadi kebiasaan. 
Moment terdahsyat terjadi pas tanggal 14 Mei: saya nangis sepanjang hari gegara ditolak alfamart, eh dua hari satu malem ding. Dan temen yang pas FGD cuma ngomong dua kali malah diterima (padahal saya ngomong lebih banyak T.T) sempet benci banget sama dia, dan ga mau transaksi di alfamart lagi. Parah kalo saya sudah sakit hati gini mah. Kenapa bisa sekecewa ini? Karena CUMA kurang satu tahap lagi, dan gagal sekantor sama mas dion T.T (<< Sebenernya nangisnya lebih gegara ini sih rasa-rasanya -.-)
16-25 Mei: saya bed rest di rumah baru. mulai ngerasain yang namanya jenuh cari kerjaan
21 Mei: dapet email dari mba Intan (editor non fiksi bentang), ngabarin the ho[s]tel 2 udah naik cetak dan siap edar 2 minggu lagi, horeee duit gue cair XDD mending saya ngurusin tulisan daripada kerjaan –“
Cari kerja susaaaaaah….kalo dipostingan lalu saya sempet cerita nolak dua panggilan interview dari dua perusahaan ternama dan nolak dua rekomendasi kerjaan yang lumayan, dua bulan ini nambah lagi, hahaa. Well,, saya cerita deh. Ada TIGA perusahaan yang manggil saya sampe dua kali dan saya mangkir. Pertama, Infomedia yang ada di Manyar, Surabaya sana, saya di undang interview dua kali buat jadi CSR nya dan di tempatin di kota tempat saya dibesarkan, Lumajang. Ogahlah gue, lagian outsource juga ini. Kedua, Sutindo namanya, perusahaan besi baja, logam, alumunium, dan lain sebagainya yang kantornya di Surabaya ada di daerah Tanjungsari sana, yakali kerjanya disana aja, bisa banget dimana-mana. Saya diundang dua kali juga buat psikotesnya untuk menjadi seorang purchasing staff, ga feeling jadi ga dateng. Ketiga, ini asli saya minat pake banget. Cuma awalnya jarak emang jadi masalah gegara duit dan waktu yang ga sinkron, akhirnya dua kali dipanggil dan dua kali saya mangkir. Interview buat jadi fashion and beauty reporter majalah cosmo (MRA Group) di wisma kosgoro, MH Thamrin, Jakarta pusat.
Sampe akhirnya pas bed rest seminggu lebih di rumah baru, saya memutuskan untuk kembali menelpon MRA Group untuk reschedule jadwal interview, saya sudah niat berangkat ke Jakarta dibarengi dua misi lainnya. Ada interview di sebuah stasiun televisi swasta juga sebagai seorang kru di divisi Event and Publishing dan open casting presenter acara traveling di stasiun swasta lainnya juga. Wish me LUCK!!!!!
Saya ga masalah tinggal dan hidup di Jakarta ataupun kota lainnya, asalkan..1) minimal gaji pokok Rp 3500000,- untuk pekerjaan yang sesuai minat bakat, dan 2) okelah ga sesuai passion atau minat bakat itu tadi, tapi gaji pokok diatas Rp 4000000,- see?? Gampang kok
Oiya, bulan ini juga, lebih tepatnya tanggal 21 Mei lalu, saya dinyatakan lolos semua tahap seleksi di PT Century Franchisindo Utama sebagai seorang store manager. Saya langsung ditelpon usernya yang tanpa babibu langsung nanya ukuran baju saya untuk seragam, juga beliau bertanya selama tinggal di Jakarta, di daerah Kebayoran Lama mau tinggal di rumah saudara atau prefer cari kosan? Ditanya ya saya jawab saya kos aja. Eh bapaknya malah bilang, “oke saya bantu cari kosannya mulai dari sekarang.”
Menurut loe??? Saya ga mengiyakan saya mau kerja disana loh..siapa juga yang mau berangkat Jakarta kalau dua syarat diatas tak terpenuhi? Bukan passion, dan satu lagi duit Rp 2500000,- mana cukup buat hidup disana. Okelah dapet duit kos, tapi cuma enam bulan pertama. Dapet insentif tiap penjualan produk, tapi juga ga seberapa. Enam hari kerja satu hari libur pula. Dan satu lagi yang paling ngga banget, nahan ijazah hingga waktu yang tak ditentukan. Saya bilang aja, “nanti saya konfirmasi lagi awal Juni ya pak, 2 Juni lebih tepatnya.” Bapaknya jawab, ”oke, saya tunggu 2 Juni jam 1 siang kita ketemu di Gedung Century Kebayoran Lama ya..saya siapkan seragam dan kosannya juga.” Yakali gue bakal dateng, hahahahaa :DD jahat asli gue :3
Selain nolak Century, saya nolak Surya Group juga. Saya ga mau jelek-jelekin dia disini sih sebenernya, mending cari threadnya di kaskus aja deh soal perusahaan satu itu. Intinya di pertengahan tahapan rekrutmen, kurang interview user aja sih, saya mundur. Kenapa? Saya paling ga suka marketing, apalagi yang door to door semacam sales. Kalo sama-sama lapangan dan gajinya sama ya saya pilih jadi wartawan bangetlah. Oke ini ga perlu ke Jakarta, tapi you know gajinya berapa? Cuma Rp 2200000,- cuy, UMR doang itu mah, sarjana mana yang mau dan rela digaji sama rata kaya anak SMA. Ada sih bonus, caranya? Ngejualin apartemen mereka yang harganya 250 juta, dan kita cuma dapet 1,5 juta aja. Worth it ga?? Satu lagi yang bikin nolak banget, agak tipu-tipu nih perusahaan, saya kan daftarnya di program MT pas dijobfair itu, nah pas interview ditanya dong mau nanti bagiannya apa? Saya jawab PR dong, emang ada pilihannya kok. Lhah si bos dari Singapura nya itu bilang, PR = MARKETING. Mungkin emang agak overlap ya, tapi saya juga ngerti mereka sebenernya beda, secara saya 3,5 tahun belajar di komunikasi. Saya ngeyel setengah mati, ditambah pengalaman magang nyaris dua bulan di fungsi PR Pertamina. Akhirnya selesai interview saya pilih mundur. Eh besoknya dan besok-besoknya lagi masih aja tuh perusahaan terus nelpon dan ngajak gabung dengan pendekatan interpersonalnya. Gilak
Itu moment-moment di April-Mei kemarin sih..dari sini saya bisa menyimpulkan, cari kerja sebenernya gampang, kalo anda mau kerja apapun. Cari duit? Lebih gampang lagi. Saya bisa loh dapet duit lewat join research nya dosen saya, lewat kompetisi-kompetisi nulis dan juga fotografi, atau kontes-kontes lainnya. Yang susah apa? Cari kerja yang emang bener-bener cocok sama kita dan sesuai maunya kita 
Semangat para JOBSEEKER!!!!!!!!!!!!
“kalian ga akan tahu betapa bahagianya diterima, tanpa tau sakitnya ditolak”