Untukmu Anak Muda yang Selalu Merasa Bahagia Saat Tanggal Gajian Tiba, dan Merana Bahkan Satu Minggu Setelahnya. Kuasai 5 Skill Ini Sebelum Tua!

"Ndin, makan enak yuk entar malem."
"Duh, tanggal tua. Bulan depan aja, ya."
"Tanggal tua dari mana? Seminggu lalu bukannya abis gajian?"
"Nggak tau nih, duit udah tinggal beberapa lembar aja. Aku pun tak tahu larinya kemana.."
Pemborosan dan konsumtif. Dua kata yang bisa dibilang jadi masalah klasik khas anak muda zaman sekarang. Anak muda mana sih yang hari gini nggak konsumtif? Pola hidup yang seolah tak bisa dilepaskan dari gaya hidup modern yang serba praktis dan mobile. Tentu saja yang satu ini sangat erat kaitannya dengan kecanggihan teknologi yang makin berkembang dengan pesatnya. Pola hidup konsumtif disebut memberi kenikmatan dan kepuasan secara psikologis, tapi di satu sisi juga tak baik bagi 'kesehatan' finansial. Lalu, bagaimana cara memperbaiki keuanganmu di masa muda ini? Masa iya nunggu ada pasangan yang bisa jadi rem keuangan? Kelamaan! Lakukan 5 hal di bawah ini dan lihat perubahan yang terjadi.

Buat anggaran belanja. Tak usah rumit, yang sederhana saja

Tak bisa dipungkiri, anggaran belanja bisa difungsikan sebagai alat untuk mengatur aliran dana. Yang menjadi poin pentingnya ialah perencanaan pengeluaran. Setiap pengeluaran haruslah diatur ke dalam pos-pos yang jelas. Dengan begini, kamu tak akan kebingungan lagi ketika dompet dan rekeningmu tiba-tiba tak ada isinya. Kamu akan tahu, kemana saja larinya rupiahmu tadi.

Di usia kepala 2 saat ini, kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan

Butuh dan ingin adalah dua hal yang sangat jauh berbeda. Sederhananya begini, butuh selalu perlu, sedangkan perlu tidak selalu butuh. Jadi, bagaimanapun kebutuhan akan memiliki 'derajat' yang lebih tinggi daripada keperluan, apalagi sekadar keinginan. Kalau kebutuhanmu telah terpenuhi, maka keinginan atau keperluanmu bisa dipenuhi ketika ada dana sisa. Sampai di sini paham kan?

Kalau nggak bisa mengandalkan diri sendiri, mungkin kamu butuh bantuan aplikasi ini

Namanya juga hari gini, apa-apa butuh bantuan teknologi. Jadi, untukmu yang merasa cari duit itu gampang dan ngabisinnya jauh lebih gampang, silahkan mengunduh aplikasi DompetSehat. Teknologi yang hadir dalam genggaman ini akan membantumu mengatur anggaran pengeluaran sekaligus mencatat pengeluaran ataupun pemasukan yang diterima. Silahkan dibuktikan dan semoga cepat kaya!

Agar aman, buatlah dua rekening. Satu untuk pengeluaran rutin dan satu khusus untuk simpanan

 Mungkin sebenarnya jauh dalam lubuk hati kamu sudah punya niat untuk menabung, tapi kenyataannya memang hanya berhenti pada tataran niat saja. Demi menyelamatkan gaji dan masa depan agar uang tak cepat amblas tanpa bekas, kamu bisa membuat dua rekening berbeda dengan tujuan masing-masing. Kalau bisa yang rekening simpanan titipkan ke orang tua atau seseorang yang kamu percaya.

Terakhir, belajarlah berkata tidak pada ajakan teman yang melebihi batas kemampuanmu

Nongkrong di cafe, makan di resto, nonton film 3D pas weekend, dan kebutuhan sosial lainnya memang kerap menguras banyak biaya yang nyatanya tak sedikit. Belum lagi ajakan traveling dengan gaya koper misalnya. Beranilah menolak ajakan mereka yang tidak sesuai dengan kemampuan finansialmu. Bukankah berteman tak berarti kalian harus kemana-mana bersama?

Jangan menunggu pasangan atau tua untuk mengelola keuangan dengan bijak. Buatlah hidupmu lebih berarti dengan pengeluaran yang lebih kecil dari pendapatan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Kalau memang tak mampu mengandalkan diri sendiri, kamu bisa minta tolong pada teknologi. Selamat berbenah!

Leave a Reply