siapa bilang BANDUNG MahaL ???

niat vacation ke Bandung sudah ada pas semester dua kemaren, pengennya ya pas libur semester duanya..tapi apa daya duit udah abis buat ke Karimunjawa dan Bromo, badan juga udah item -.- jadilah vacation dialihkan pada libur semester tiga ini..

niat awalnya mau make jasa kereta ekonomi trayek surabaya-bandung. bisa Pasundan atau Kahuripan. tapi setelah saya pulang dari jakarta dengan kereta api eksekutf terbaiknya, Argo Bromo Anggrek yang ga nyampe sepuluh jam,,rasanyaa masih cape aja..saya jadi ga mau ngebayangin gimana kalo saya naik ekonomi sby-bandung yang minimalnya 17 jam..hmmmmmmmmmmmmmmm

setelah berdiskusi dengan diri saya dan teman jalan saya (cuma satu orang), akhirnya kita memutuskan untuk menaikkan grate transportasi kita. bisnis-mutiara selatan Rp 175000,- selama 14 jam..

tiket KA Mutiara Selatan

berangkat pada hari kamis 2 Februari 2012 pada pukul 16.30, kami cuma bawa satu ransel (tebak deh pulangnya jadi gimana -.-)
empat  belas jam perjalanan malam itu..ga terasa ko, jadi mending kalo kalian mau long trip atau perjalanan jauh lewat jalur darat, pilih perjalanan dimalam hari aja..karena waktu kita bakalan abis buat merem,hehe

sebenernya ga sampe 14 jam,, cuma 13,5 jam..pukul 05.45 seluruh penumpang yang sedang tidur (termasuk saya) sudah dibangunkan oleh petugas KA ini.."Bandung Bandung..stasiun terakhir, yang turun Bandung ayo semua bangun.." ya Tuhan..udah kaya ramadhan aja, berasa sahur gitu :s

sesampainya di stasiun Bandung Kota, dimana stasiunnya ada dua sisi (seperti gubeng),,kita ga tau harus ke sisi mana..ngikut penumpang paling banyak turun disisi mana ajalah..kita pun turun ke sisi kanan dan bergegas keluar stasiun. padahal mau kemana aja kita ga tau --a

kembali lagi setelah berdiskusi dengan batin saya dan choriek (teman jalan saya), kita menunggu angkot jurusan cisitu yang kata informan kita, Mohamad Iqbal Septian Romas, angkot itu melewati samping kampus ITB. rencananya kita mau cari penginapan (baca; kost harian) di sekitar ITB. padahal tau ada kost harian aja kaga..

menikmati perjalanan pertama di kota bandung pagi hari..begitu ada tulisan Institut Teknologi Bandung, saya pun berkata, "kiri kiri pakk.." pak sopir berhenti, kami turun dan membayar angkot. ternyata eh ternyata, harga angkot di Bandung yang katanya kota mahal jauh lebih murah dari kota saya, Surabaya. Surabaya jauh dekat mah sama aja, tiga ribu. di Bandung saya cuma di tarik dua ribu rupiah, kata temen emang kalo jauh bakal jadi tiga ribu, bahkan saya ngeliat anak sekolah ngangkot dan cuma bayar lima ratus rupiah. gilaaa..di kota yang streotype nya mahal aja duit koin Rp 500,- Masih dihargai,,ckckck

turun di depan bangunan dengan tulisan ITB, lagi lagi kita ga tau harus melangkahkan kaki kemana..saat itu kita di sebrangnya, jadi tepatnya di sebuah mall yang ternyata diketahui bernama Baltos (Balubur Town Square). tengok kanan tengok kiri, celingukan mencari inspirasi, kita pun melangkahkan kaki masuk ke sebuah gang yang berada tepat disampingnya..bertemu ibu ibu dan bertanya dimana letak kost kost'an, dan ternyata benar, di dalam gang itu adabeberapa kost yang si Ibu juga tidak tahu masih ada kamar kosong atau tidak.

hingga akhirnya kami berhenti di depan sebuah rumah bercat putih yang memang sebuah kost'an, dengan alamat jalan Kebon Kembang Gang Pancakarya no.16
bertemu dengan ibu kost yang berbaik hati mempersilahkan kami menginap di kost itu, dan harganya???
saya: "empat malam berapa ya bu? kita sekamar berdua aja"
ibu: "Rp 75000,- aja neng"
saya: "hah? Rp 75000,-? satu orang?"
ibu: "engga..satu kamar, itu nanti dibagi dua aja"
SHOCK...ini bandung??? terlepas dari streotype orang,,sepengetahuan saya yang namanya kost harian itu lebih mahal dari kost bulanan..sambil bayar saya pun masih terheran heran -.-

teteh teteh di kost itu juga ramah dan baik terhadap orang baru sepeti kita, mereka mau berbagi informasi tentang bandung, apa yang harus dan tidak boleh kita lakukan di kota ini..makasi teh Diana, teh Erni, the Liska, dan dua teteh di kamar bawah (teu ngartos namina)

ngebayangin ga kamar kost seharga Rp 75000,- empat malem bentuknya kaya gimana?
kamar bukan kandang


sekitar pukul 08.00, setelah mandi, kita langsung beranjak ke depan gang untuk sarapan bubur ayam (yang memang sudah saya rencanakan) bubur ayam asli bandung euy..makannya di Bandung :D
minumnya??ga ada air putih, kita pun dapat satu gelas teh hangat..yang ternyata, TAWAR! pas itu sih kita mikirnya si Ibu lupa ngasih gula, ternyata lama lama kita tahu dimanapun kita pesen teh ya dapetnya teh tawar. di Sunda orang minum teh tawar, beda ma orang jawa yang suka manis -.-
harga bubur ayamnya juga murah lhoo..cuma Rp 10000,- sudah komplit, ada telur utuh satu butir juga ati ampela bumbu merah plus suwiran ayam diatasnya.lagi lagi saya membandingkan dengan harga bubur ayam di Surabaya yang harganya Rp 8000,- tanpa ati ampela dan telur, hanya ada sedikit suwiran ayam saja..ooohhhh
dua porsi buryam bandung komplit


setelah perut terisi, hari pertama ini kita berjalan kaki (setelah duduk nyaris 14 jam) ke gedung sate..yang memang ga bakalan boleh masuk, jadi poto poto doan di depannya :)
jalan lagi..eh ga sengaja ketemu museum pos, masuk gratis..poto poto deui..bapak satpamnya juga baik, kita nanya apapun pasti dijawab :D
dari museum pos, kita naik angkot ke trans studio..(ga usah dijelasin ya) masuknya Rp 150000,- karena hari jumat, besok udah Rp 200000,-

kelarnya kita jajan ketan bakar, cuma Rp 2000,- lhoo :O udah bikin kenyang,,
ketan bakar

pulangggggggggggggggggggggg

esoknya: sebenernya ada dua destinasi penting yang kita berambisi banget buat kesana, Tangkuban Parahu dan Kawah Putih. Dua duanya ada di luar kota Bandung,