TRIP IJEN YANG AJIB :DD…(2)

2 Maret 2013 pukul 17.00
FIX berangkat dengan 9 orang (+pak sopir), jadinya kami berdelapan yang akan mengejar sunrise dan blue fire kawah Ijen..kok delapan? Iyalah..kasian yang dari Malang kalo dibatalin, kasian juga temen saya yang niat nyembuhin kakinya demi saking pengennya ngetrip bareng saya ituu #ehh :p
Jam 5 sore?? Iya..tapi kalo boleh jujur, di planning kami jam 4 sore a.k.a 16.00 harus udah cabut dari Surabaya. Nyatanya? Biasalah Indonesia -.-
Dari jam lima itu, kami baru benar-benar keluar Surabaya ya lepas maghrib, setengah tujuh lah..dan boleh jujur lagi? Bapaknya sopirnya pelan amat sih..tau ga sih apa yang kita kejar >,< berhenti pertama di Probolinggo buat makan malam, saya gatau itu berapa lama, sepertinya cukup lama K berhenti kedua itu pukul 23.00 di SPBU Paiton, toilet dan musholla yang menjadi tujuan kami, sambil membeli roti dan coklat (ini saya sih) buat pagi nanti di puncak ijen :DD
Belum sampe pukul 00.00 kami sudah bergegas berangkat lagi, dan tahukah kalian, mobil mogok seketika :3 apa pula inii..kalo ada apa-apa gimana? Bukan negative thinking, tapi ini Paiton men..ada apa dengan Paiton? Agustus lalu saya juga mengalami hal yang sama disini, kendaraan mogok di Paiton dan harus menunggu berjam-jam,itu trip ke Bali tahun lalu, kenapa sekarang lagi?? Kapan-kapan saya akan membuat postingan tentang betapa mistisnya kota ini *abaikan*
Beruntungnya ini di SPBU yang masih banyak orang, jadi banyak juga yang bantu kami dorong mobil *sigh* sekitar (mungkin) tepat tengah malam kami meluncur menuju kota Situbondo, kenapa bukan Bondowoso? Karena bapak sopir lebih memilih Situbondo (bukan jawaban -___-) ya karena memang seperti itu, kata bapak sopir yang bernama Yoyo’ itu, via Bondowoso jalannya lebih bahaya, KATANYA..mana saya tahu :3
Perjalanan ke Situbondo…saya memilih untuk tidur saja, jadi maapkeun saya tak bisa bercerita bagaimana jalannya (apa yang mau diceritain, jalanan juga gitu gitu aja :s), sekitar pukul 02.00 dini hari, hari Minggu pagi, agak sadar sih saya..udah dua jam, kaga ada tanda tanda nyampe ya K padahal mau tau ga target saya?ngejar blue fire dengan selambat-lambatnya trekking dimulai pukul 02.00 dan seengganya 2,5 jam bisa sampe sana karena katanya blue fire bisa dilihat sampe pukul 04.30. nah sekarang? Kecewa? Dosa kalo saya bilang engga..walaupun saya tahu traveling itu no expectation! Rencana sih rencana, dan tetep Tuhan yang nentu’in kan? Ada apa dibalik ini??pasti ada sesuatunya :D
setelah itu,,tak tahu jam berapa tepatnya, kami tiba di pos pertama. Sekitar tak sampai 7 km sampailah kami di pos Sempol, pos kedua. Insya Allah kurang satu pos lagi, itulah Paltuding, tempat parkir mobil. Sekitar pukul 03.00 sampailah kami di satu pos lagi, bapak penjaganya bangun tidur dan tak berkata apa-apa, kami pun mana berani berceloteh..
mas yoyo’ sopir kami pun terus mengikuti satu-satunya jalan,,yang saya tahu dan saya yakini sih ini sudah tak jauh lagi, sebelumnya pun ada tulisan 4km menuju Paltuding. Saya pun mengantuk, dan memutuskan untuk tidur lagi..
sampai saya bangun tidur, lha kok masih belum nyampe juga -__- Lha kok jalannya turun gini, harusnya kan naik. Saya bukalah kaca mobil saya, ini gunungnya mana? Kok makin jauh dan ga keliatan gini :3 kayanya kebablasan deh mas..ga bakal sejauh ini..| lhah saya juga ngikutin jalan mba, jalannya Cuma satu ini dari tadi (mas Yoyo juga bingung, aslii) apa puter balik aja mba? Ini kayanya hutan arak-arak deh dan sepertinya kalau terus kesana bakal sampe bondowoso :3 (mas yoyooooooo gue harus jawab apa???)
bertanyalah saya meminta pendapat teman-teman saya, pada diem bingung semua. Saya sudah ga mikirin blue fire lagi, jelas ga kekejar, untung untung kalo dapet sunrisenya.. satu teman saya, yakin akan jalan itu karena menurut dia ya ini satu-satunya jalan dari tadi, satu lagi pengen puter balik tapi juga kepikiran kalo ini bener gimana :3 saya? Saya dan mas yoyo sependapat dan puter baliklah diaa,,bisa kok puter balik di hutan hutan kaya gini -.-
pukul 04.00 ketemu pos terakhir yang penjaganya bangun tidur tadi..lalu???hey you..itu kanannya, pojokan noh aya tulisan “selamat datang di…… “ (at least gue lupa tulisan lengkapnya apa, yang jelas ya ini Paltuding)
udah tahu hikmahnya apa?nyasar sejam itu sesuatu loh…mungkin Tuhan ga ngijinin kami berdelapan cewe cewe manis ini trekking jam segitu, yang tahu nanti ada apa apa pas jam segitu siapa? Dan you know..ada satu lagi kijang Innova plat W yang pas kami balik itu dia juga hampir kebablasan, ga sampe 1 km tapi, dikit doang kan :s dan isinya?? Banyak cowo cowo kecee..ini rencanaNya,hahahaaa