Komunikasi Antar Persona

sebuah mata kuliah pilihan yang saya ambil di semester 4 program studi Ilmu Komunikasi
apa yang terlintas di pikiran anda ketika membaca judul mata kuliah tersebut??
let's say itu mungkin yang saya pikirkan di awal semester ketika saya memutuskan mengambil mata kuliah ini

banyak orang bilang dan menganggap kuliah yang kami jalani di program studi Ilmu Komunikasi ini (sangat) mudah dan ringan..hah? lu tau dari mana?? pernah kuliah ini juga kaga -.-
persepsi mereka, "komunikasi? mempelajarin komunikasi kita sehari-hari kan? apa susahnya?" "ga usah kuliah komunikasi gue juga bisa berkomunikasi dengan banyak orang" dan banyak omongan-omongan serupa yang orang "awam" lontarkan pada kami para mahasiswa komunikasi

tanggapan kami? saya mewakili mahasiswa komunikasi lainnya,
"komunikasi-sebuah tuntutan dan kebutuhan yang selalu kita lakukan dalam hidup kita, tidak ada mahluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa berkomunikasi (saya bicara mahluk hidup, it's more than about people). oke kalo mereka bilang ini rutinitas yang kita lakukan sehari-hari, memang..apa susahnya???susah banget..sudah 3 semester berlalu IP saya juga tidak pernah lebih dari 3,50 -.- (ga munafik,,kuliah ga cuma cari ilmu, IP juga)
disini kami belajar menjadi ahli komunikasi tentunya, orang yang AHLI karena kami mempelajarinya minimal 3,5 tahun"

kembali  lagi ke KAP,,disini kami mempelajari komunikasi verbal dan nonverbal, tahukah anda jika hanya 35% komunikasi kita dengan orang lain yang menggunakan bahasa verbal?sisanya bagaimana kita mengartikan bahasa nonverbal yang dilakukan partner komunikasi kita..dan faktanya tidak semua orang dapat memaknai bahasa nonverbal itu. prinsip pesan sedikitnya dipengaruhi oleh budaya,subjektivitas setiap individu, dan aturan-aturan yang melekat pada pesan itu sendiri. dimana, kapan, dan bagaimana kita harus memulai sebuah komunikasi,itu yang kami pelajari disini.

dalam mata kuliah ini juga mempelajari bagaimana membangun relationship, bahasan ini khususnya berguna bagi kami yang masih "single" untuk mempraktekkannya dalam mencari pasangan hidup :p tapi sampai sekarang "kencan" dengan banyak lelaki juga belum ada yang bisa mengikat hati saya :s
selain membangun, kami juga belajar bagaimana cara mengakhiri sebuah hubungan agar tidak menyakiti pasangan, bagaimana mengurangi rasa depresi setelah hubungan berakhir, ada juga bagaimana mengurangi "uncertainty" dalam suatu hubungan. hubungan disini bbisa dalam keluarga, perrtemanan, persahabatan, pacaran, dan juga pernikahan.

yaa..itulah sekilas tentang komunikasi, tentang "Komunikasi Antar Persona" khususnya..
hari ini, pukul 09.00 WIB tepatnya, saya beserta empat anggota kelompok saya memasuki ruang 'sidang' untuk melaksanakan UTS LISAN mata kuliah ini dengan dosen horror yang membuat kita *speechless

tertarik kah anda dengan mata kuliah ini???
jika tidak..pliss don't JUDGE something just by the COVER !!!