PKL oh PKL..... (3) - PKL Kediri

saat ini adalah sehari setelah kepulangan saya dari Kediri, tentu saja untuk PKL sesuai bahasan postingan ini. PKL ini diikuti seluruhnya oleh mahasiswa komunikasi (iyalah ini salah satu mata kuliah wajib kami). yang mana tahun ini pesertanya adalah angkatan saya, yaitu 2010 dan angkatan 2009, nama mata kuliahnya adalah komunikasi dan modernitas.

totally different dari PKL Tuban minggu lalu. jauh jauh dan jauh lebih hectic. apalagi sebelum berangkat, ribetnya ampun-ampunan. kalau PKL sebelumnya saya berangkat hanya berbekal satu daypack biasa tanpa persiapan laporan PKL, bahkan pertanyaan untuk informan pun tak perlu terstruktur, sesuka hati saja apa yang ingin kami tanyakan nantinya. namun di prodi saya, kami harus menyelesaikan laporan atau proposal penelitian hingga bab 3 sebelum kami berangkat dan kami harus serta wajib berkonsultasi berkali-kali kepada dosen pembimbing mata kuliah ini. konsultasi terkait topik yang kami angkat, teknik pengumpulan data kami yang kali ini tak hanya sebatas wawancara saja, namun juga ada kuesioner yang kelompok saya harus menyebar kepada 30 orang responden, untuk wawancara hanya 10% saja. sebelum berangkat harus mendapat pernyataan ACC dari dosen yang dapat diartikan konsep kami untuk proposal sudah siap untuk turun ke lapangan.

untuk kendaraan juga berbeda, kali ini saya dan kawan-kawan menggunakan jasa kereta api ekonomi 'rapih doho' trayek surabaya-kediri. berangkat pukul 07.55 dan tiba di stasiun susuhan (salah satu kecamatan di kediri) sekitar pukul 11.30. setibanya disana, telah ada panitia yang menunggu bersama tiga buah truk yang siap mengangkut kami ke kecamatan gampengrejo untuk diadakan penyambutan terhadap kami sebelum 'menginjak-injak' desa mereka.

penyambutan berlangsung cukup lama, dan akhirnya pukul 13.30 saya beserta teman satu kecamatan diangkut menggunakan truk lagi menuju desa masing-masing, yang mana setiap desa dihuni oleh satu kelompok yang setiap kelompok terdiri dari empat hingga lima orang, dan disini jarak antar desanya cukup jauh, setidakya tak ada dan belum ada yang berani menjangkaunya menggunakan kaki.

kebetulan desa saya yang terjauh, alhasil saya beserta teman satu kelompok menjadi penghuni terakhir bak truk tersebut. ironisnya, saat tersisa tiga kelompok dengan bak truk terbuka, hujan turun lumayan deras, untungnya sebelum kami berbasah-basah ria kami sudah sampai di sebuah desa tempat kelompok lain. dua kelompok yang tersisa ikut turun dan berteduh sejenak serta menyelamatkan barang-barang bawaan dari derasnya hujan siang itu. karena kami tak mungkin berteduh hingga hujan usai, kami pun memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju dua desa yang tersisa. dengan menaruh semua barang bawaan di tempat duduk penumpang di samping pak sopir, kami para manusia memutuskan dengan ikhlas untuk berhujan-hujan sesaat setelah sampai kota yang dirasa baru bagi kami.

dan nyatanya memang kami (kelompok saya) yang paling menikmati hujan kala itu, basahnya tak tanggung-tanggung, padahal untuk tiga hari ke depan saya hanya bermodalkan satu celana panjang itu saja -.-
parahnya, sampai rumah kepala desa, beliau kaget melihat kami dan dengan wajah tanpa dosa berkata jika beliau LUPA akan kedatangan kami siang itu, dhuarrrrr ~

lalu kami tidur dimana? apa pak kades ini lupa juga untuk memberi tahu pak kamituwo (orang yang dituakan) tentang kami yang akan bermalam dirumahnya selama tiga hari? IYA! alhasil disaat kami kedinginan karena hujan yang mengguyur, kami pun tak kunjung dipersilahkan masuk, mereka masih ribet mengurus rumahnya, dan beberapa menit kemudiaan.akhirnya kami dipersilahkan masuk :'

karena kata ibu pak wo (kamituwo) kamar mandi rumahnya sedang dibersihkan, beliau menyuruh kami menggunakan kamar mandi langgar di sebelah rumahnya. lalu siapakah yang pertama mencoba kamar mandi langgar tersebut? satu-satunya laki-laki di kelompok saya, Alfian..dan ia pun kembali untuk menyuruh kami meyakinkan jika 'tempat' itulah yang dinamakan kamar mandi. finally, tak ada satupun dari kami yang mau menggunakan kamar mandi tersebut. kami lebih baik menunggu kamar mandi yang dibersihkan itu daripada menggunakan kamar mandi dengan air 'kopi' seperti di langgar :s

beberapa menit berlalu, sambil menunggu kamar mandi kami terpaksa harus membersihkan 'gudang' yang akan menjadi kamar tidur kami selama tiga malam nanti, sumpah kuotor..debu dimana-mana, rumahnya memang besar tapi kotornya juga ampun-ampunan. gudang ini tak tahu sudah tak bertuan berapa lama. kerja bakti pun usai, dan kini giliran membersihkan dirii.

tetap alfian yang pertama, seusai mandi ia tak berkomentar apa-apa, ia menyuruh kami melihat dan menikmatinya sendiri nanti *mencurigakan* antrian kedua masih teman saya, Reni namanya. selesai mandi ia bercerita dengan ekspresif tentang adanya ikan di bak mandi, dan menyuruh saya beserta satu teman saya yang tersisa untuk merasakan sensasinya sendiri. tibalah giliran saya untuk mandi--kesan pertama begitu masuk ruangan tersebut, "ini bagian mananya yang tadi katanya dibersihkan? kalo memang ini sudah dibersihkan ga kebayang sekotor apa tadinya" --

seumur hidup baru kali ini saya mandi bersama ikan-ikan, yang menurut saya ini bukan ikan pembersih, tapi ikan-ikan mas biasa -.- cuma dua sih ikannya, tapi tetap saja ia juga mengeluarkan kotoran kan? lalu tercampur dengan air yang niatnya kami gunakan untuk membersihkan diri. sudahlah..namanya pengalaman, walaupun agak amis sih..toh cuma empat hari ini :)) tak berhenti sampe disitu cerita tentang kamar mandi ini..dinding-dindingnya batu bata merah biasa yang nyatanya kotor, setelah kami menggantungkan baju ganti disitu pasti baju kami kotor, dan satu lagi ada lubang yang cukup besar didinding-dindingnya, awalnya takut sih ada warga sekitar yang ngintipin, tapi siapa juga yang kurang kerjaan gitu,,lama-lama cuek juga :D

selesai mandi dan setelah hujan kami menikmati bakso di depan rumah yang kemudian dilanjutkan dengan jalan-jalan di desa ini, Kepuhrejo namanya. malamnya kami sholat maghrib berjama'ah di langgar, dilanjut dengan yasinan karena kebetulan malam itu adalah malam jumat. saya sudah tak ingat kapan terakhir kali saya melakukan aktivitas seperti ini :') damainya hatii

berlanjut dengan diskusi malam terkait langkah-langkah penelitian kami keeseokan hari dan pukul 21.00 pun kami sudah mengantuk :))

ini hari pertama,,selanjutnya??postingan selanjutnya yaa