PKL oh PKL....

Praktek Kuliah Lapangan yang dalam dunia perkuliahan sering disingkat dengan PKL. tapi nyatanya juga tak semua mahasiswa tahu apa yang dimaksud dengan PKL disini, kecuali kami anak sosial :))

banyak teman-teman saya anak ekonomi, farmasi, kesehatan, yang masih ga ngeh dengan kata PKL yang saya ucapkan, ironisnya bahkan anak departemen tetangga yang masih satu fakultas dengan saya juga tidak mengerti. rata-rata dari mereka ketika mendengar kata tersebut menganggapnya sebagai kata lain dari 'magang'. padahal di departemen saya masih ada mata kuliah magang sendiri, yang artinya percobaan kerja di suatu instansi atau perusahaan terkait bidang komunikasi selama minimal satu bulan. ada pula yang mengartikan PKL sebagai kata lain dari KKN, buedo iku reeeekkk.....................

gini ya teman-teman..PKL ini biasanya memang hanya dilakukan anak-anak Fakultas Ilmu Sosial dan Politik a.k.a FISIP, tapi ya gitu..seperti yang saya bilang tadi ada anak departemen tetangga yang tidak paham, dikarenakan fokus studi yang berbeda, jadi kegiatan PKLnya juga berbeda, walaupun namanya sama. sejauh ini yang saya tahu konsep PKLnya sama itu ya prodi saya, komunikasi, antropologi, dan ilmu politik.

sejauh yang saya tahu (lagi), departemen atau prodi di FISIP yang jam terbangnya paling tinggi terkait kegiatan PKL ini adalah antropologi. mereka sudah mengenal PKL sejak semester dua, sementara saya baru semester lima -.- semester lima ini malah mereka (anak-anak antro) dapat 5 PKL.

singkat cerita, inilah semester pertama dengan pengalaman PKL sekaligus 3 (TIGA) PKL :DD  

yang mau lanjut baca, ke postingan selanjutnya yaa :)))

Leave a Reply