Lima Huruf Itu Adalah S.IKOM

RASANYA NYORET RESOLUSI 2014 DI AWAL TAHUN ITUUU…

    Finally, I got it. Behind my name. Andina Setyaning Rahayu S.Ikom :’DD
                Ini saya tulis sehari setelah saya mendapatkan lima huruf itu.  
Rasanya??? Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaku speechless


                Di atas adalah foto tanggal 10 JANUARI 2014, kemarin. Foto diambil sebelum saya melaksanakan ujian alias sidang skripsi. Tepat pukul 13.00 saya pun masuk ruang sidang, dan karena itu merupakan sidang terbuka masuklah pula beberapa teman saya yang menjadi saksi ‘pembantaian’ skripsi saya. Total delapan orang yang masuk, padahal katanya maksimal lima orang saja kalau sidang terbuka. Dosen penguji pun sempat kaget, tapi tak mengapa, mereka tetap disana.

               Saya mendapatkan tiga orang dosen penguji, yang satu diantaranya saya sudah menduga, dan dua yang lain saya sama sekali tak menyangka. Dosen pembimbing? Dosen pembimbing saya memang tak pernah mau hadir dalam sidang skripsi para mahasiswa bimbingannya, tak obyektik katanya. Dan itu artinya, nilai saya sepenuhnya bergantung pada tiga penguji ini. Padahal teman-teman saya sebelumnya selalu ada dosen pembimbing yang membantu di dalamnya. Takut? Grogi? TERAMAT SANGAAAT..

                Sidangpun dimulai dengan presentasi mengenai skripsi saya selama sepuluh menit dengan dua belas slide power point. Setelahnya pembantaian pun dimulai. Saya tak pernah merasa segrogi ini sebelumnya, bahkan ketika selesai presentasipun saya sudah sangat ingin menangis. Lebai? Serius meen. Tanya-jawab dilaksanakan, adu argumen pun dilancarkan, baik saya maupun dosen penguji sama-sama tak ingin terbantahkan, walau akhirnya saya banyak mengaku salah  juga.

                Sekitar pukul 14.20, nyaris setengah tiga sore (GILAK, GUE DIBANTAI SEJAM LEBIH!) sidang dinyatakan selesai, saya dan teman-teman yang hadir diminta untuk menunggu diluar, menanti nilai yang baru saja saya perjuangkan. Saya ga muluk-muluk, BC udah cukup, atau engga B lah ya, pokonya lulus. Toh saya sudah ngitung berapa IPK saya kalau memang hasilnya Cuma BC, tetep di atas 3,15 kok. Masih. Khayalan tertinggi saya pun cuma AB, ga ada mengkhayal sampe A. kenapa? Karena saya merasa dalam pengerjaannya yang ga sampe tiga bulan ini saya kurang maksimal. Itu hasil 2,5 bulan total, 125 halaman.

                Jeng jeng jeng…beberapa menit kemudian, saya pun diminta untuk masuk lagi, kali ini sendirian. Saya tahu di dalam selalu terjadi drama, namun entah mengapa saya juga masih percaya. Pertama-tama salah satu dosen penguji mengevaluasi jalannya sidang tadi, yang mana mungkin saya terlalu grogi hingga seringkali tak bisa menjawab pertanyaan penguji dengan tepat. Banyak sekali hal yang  harus dibenahi, mulai dari abstrak hingga kesimpulan. Beliau pun bertanya,

“kamu mau hasil apa dari sidang tadi?”
“pokoknya lulus mas..”
“oh tenang aja, ini kamu lulus kok, lulus. Tapi yang dikatakan lulus disini itu nilai Dari A-D, kecuali E. menurut kamu ini dapet apa?”
                “BC mas..”
                “BC? Jauh..jauh dari itu. Tapi kamu lulus kok tenang aja”
                “nilainya apa mas?”
    “kan saya sudah bilang tadi, nilai yang dinyatakan lulus itu kecuali E. ada A, AB, B, BC, C, sama D. dan kalau kamu bilang BC, maaf kita ga bisa ngasih kamu nilai itu, (ini jedanya lamaaa) karena kamu mendapat nilai AB

(Saya diam, berusaha mencerna) “saya dapat apa mas?”
Dosen penguji lainnya yang bernama Bu Moer pun tertawa, “Lho yo’opo se arek iki rek”
Saya pun berdiri dan menghampiri mereka bertiga sambil berurai air mata. “Serius AB mas, bu?”
“kan udah bilang tadi kalau kamu dapet AB, mau BC ta? Ya gapapa”
“nggak mas, makasihh”
Masih sambil menangis mereka pun menyalami dan mengucapkan selamat kepada saya, sambil menyarankan banyak hal :’)))

TRIMAKASIH PARA DEWAN PENGUJI. MAS IGAK, BU MOER, MAS IRFAN, MAKASIH SEGALA SARAN DAN JUGA NILAINYA..JAUH DARI EKSPEKTASI SAYA..MUNGKIN SAYA YANG TERLALU MEMANDANG RENDAH DIRI SENDIRI, HAHAHAHAA

Sidang skripsi itu kayak JATUH CINTA, deg-degan awalnya, dan berakhir BAHAGIAAAAA…

SELAMAT SARJANA ANDINAAAA..BAROKALLAH YAA….
SLAMAT TINGGAL MASA KULIAAAAH

3,5 TAHUN YANG INDAH DAN TAK MUDAH :’))))