YUK MARI NIKMATI KULINERAN SEMARANG-SOLO


Udah lama pengen posting ini, asli! Tapi baru sekarang bener-bener punya energi buat nulisnyaaa..

Semarang is my Hometown, dan SOLO? Saya sungguh mengidolakannya..
Di postingan ini saya akan share beberapa kuliner favorit saya, silahkan mencobaaa
  1. Gudeg Jogja BULU
Gudeg? Bukannya asli jogja ya? Iya..tuh ada tulisannya gudeg Jogja kan? Maksudnya kalau lagi ke Semarang buat urusan kerjaan dan pengen menikmati hidangan tersebut, ga perlu buang waktu pergi ke Jogja, mampir ke warung ini aja. Ini warung keluarga gue, hahahaaa…numpang promosi keleus :p kalau beruntung kalian akan bertemu sayaa :DD
Alamatnya di Jalan MGR Soegiyopranoto no.20, Semarang.
Pagi sekitar pukul 06.00 udah buka, dan biasanya jam 10 aja udah ludes semua, mampir yuk mampiiiir…..
  1. Lunpia / Lumpia
Ada yang nyebut lumpia, ada yang lunpia, suka suka lidah lu lah nyebut apa’an. Ini mah kuliner khas tionghoa, dan rasanya beda antara kalian beli di kota ini sama di kota lainnya. Kalau mau cari gampangnya alias gampang akses menuju kesana, bisa kok menuju ke pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, udah di sepanjang jalan itu..banyak banget yang pada jualan lunpia.
Tapiii..ada yang khas lagi, yang asli beneran asli, pusat lunpianya, tertua, resepnya udah turun-temurun, coba pergi aja ke Gang Lombok No.11, Kranggan, Semarang tengah. Ya disitu letak warung lunpia, persis di samping Klenteng Tay Kak Sie, Rp 10 rb per biji.
  1. Belgian Waffle
Ini mah kuliner modern, buat anak anak GAHOL jaman sekarang, hahaaa. Letaknya di Lantai III Paragon Mall (Foodcourt), Semarang. Saya sering kesini soalnya letak mallnya di depan rumah saya, hahaa.
  1. Soto Ayam Pak No
Satu mangkok cukup? Coba buktikan! Ini ada di Jalan MH Thamrin no.22, Semarang.
  1. Tahu Baso
Ini sebenernya bukan khasnya Semarang sih, tapi Ungaran. Ungaran sendiri merupakan ibukota Kabupaten Semarang. Jadi kalau mau aslinya ya pergi ke Ungaran, sekitaran satu jam dari pusat kota Semarang. Tapi kalau mau menikmati di Semarang juga bisa, di simpang lima banyak kok, yang terkenal punya Ibu siapa itu yaa..saya lupa, maaf
  1. Bakmi Jowo Pak Doel Noemani
Ga Cuma jual bakmi jowo aja, ada hidangan favorit orang-orang yang namanya nasi godog, wajib dicoba. Terletak di jalan MH Thamrin no.12, pas depan kantor Pertamina.
  1. Sajian khas lainnya di kota Semarang itu ada mie kopyok, tahu pong, dan tahu gimbal. Kenapa saya tak menuliskan alamat tempat makannya? Karena tak ada rekomendasi yang enak dimana, hahahaa..saya biasa menikmatinya ya di rumah, nungguin orang jualan lewat depan rumah saya. Mau? Mampir ke rumah
Yuk lanjut ke SOLO…
  1. Nasi Timlo
Pernah saya bahas, yang di dekat stasiun balapan itu.
  1. Serabi notosuman, cabuk rambak, sate buntel, nasi gandul
Ini list sayaaa..yang tiga terakhir saya belum pernah coba, serabi ah dimana-mana ada. Mau nyoba barengan? Yuk mari besok saya kesanaaa :p

Pada penasaran ga kenapa pada ga ada harganya? Saya ga tau harganya berapa, hahahaa..termasuk warung gudeg keluarga saya. Parah!!! Iyalah, makan tinggal makan kalau disana mah, yang bayar orang tua, atau saudara lainnya. Kapan-kapan saya lengkapin dengan harga+foto, promise! :)