AYA naon di PLAT R ??


Plat R itu untuk karesidenan  Banyumas. Kenapa saya bisa nyasar di daerah berbahasa ngapak ini?? Lagi lagi ini masih lanjutan vacation saya bersama Choriek dari Bandung itu. Transit dua hari di Garut, transit lagi satu hari di Purwokerto. 

Niat awal purely bener bener buat transit, istirahat, nyuci baju, dan tiduuuurrr. Namanya traveling, cara nggembel kaya kami pula. Pasti butuh waktu tersendiri  untuk mengembalikan lelah fisik, mental, dan juga duit. Lagipula niat kami ingin langsung pulang ke plat P (baca; Jember), tanpa transit di plat L (Surabaya). Tapi ga mungkin dong dari Garut ato Bandung langsung ke Jember. Dan kamipun harus transit dulu di kota mendoan ini untuk mendapat kereta tujuan langsung Jember dari Purwokerto.

Hari itu hari Rabu tanggal 8 Februari 2012. Memakai jasa KA ekonomi serayu trayek Jakarta-Kroya, kami naik via stasiun Cibatu Garut pada pukul 13.00 (jadwalnya), tapi ni odong odong ngaret satu jam -.-
@stasiun Cibatu

Awalnya percakapan di dalam kereta ini masih menggunakan bahasa sunda, tapi lama lama..tiga hingga empat stasiun berlalu berganti menjadi bahasa ngapak. Entah saya yang kelewat ga punya perasaan atau cara bicara mereka yang terlalu lucu, saya pun tak bisa menahan tawa saya. Mending kalo senyum senyum aja, ini saya ngakak banget, beruntung ga sambil gulung gulung deh :D jujur, begitu mendengar bahasa ngapak yang asli lucu buat saya, saya pun langsung teringat parto dan cici tegal, dan seketika tertawa susah berhentinya. 

Di tiket yang saya pegang, pada jadwal berangkat pukul 13.00, akan tiba di Kroya pada pukul 19.00. jadi logika saya, jika kereta tadi telat satu jam, maka kami akan tiba pada pukul 20.00. beruntung sungguh beruntung, pukul 18.00 abang saya dari Purwokerto sudah standby di stasiun Kroya menjemput saya, awalnya saya pikir ‘kasian dia nungguin adeknya ini di stasiun gitu..tapi begitu jam menunjuk pukul 19.00, gimana ga shock kalo semua penumpang tiba tiba berdiri, mennurunkan bawaan dan berjalan menuju pintu kereta. Dan benar, kami sampai stasiun Kroya pukul 19.00, saktinya kereta ini :O

Perjalanan Kroya-Purwokerto kami tempuh bersama dua abang sepupu saya, dengan mobil tentunya. Rencananya besok saya tidak mau kemana mana, benar benar istirahat dan mencuci baju saja, karen saya sudah tidak punya baju ganti lagi :s dan lusanya, pulang ke Jember dengan KA ekonomi Logawa trayek Purwokerto-Jember. Istirahat persiapan mental untuk penghabisan trayek,hmmmm...

Esoknya, bude mengajak saya ke stasiun untuk membeli tiket Logawa, ga Cuma buat kami berdua saja. Ada dua abang sepupu yang mau ngikut, plus kakak sepupu saya yang cewek dari kutoarjo juga. Okelah, keluar sebentar, dan saya pun tak membawa apa apa (nothing).

Dari stasiun, saya bilang pakde kalo saya pengen di lewatin kampus abang saya, Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), Cuma itu. Sudah lewat situ. Harusnya pulang. Tapi kok..pemandangan makin bagus aja..ternyata oh ternyata itu jalanan menuju BATURRADEN. Bogornya Jakarta lah, puncak gituuu..serius, ini diluar rencana. Bude pakde bilang, “kalo kita bilang ngajak kamu kesini, kamu ga bakal mau ndin, jadi yaudah sekalian aja. Mumpung kamu di Purwokerto” oooooooooooo baiknya T.T tapi bukan gitu juga kale, andin ga bawa kamera, hape juga engga. Jangankan itu, jam tangan dansabuk pun ga make..tragisnyaaa...

Jadi di PLAT Errrrrrrrrrrr ini aya BATURRADEN..Dengan pancuran telu dan pancuran pitunya. Air terjun gituu. Tempatnya diatas, jadi mesti  naik tinggiiiiiiii banget. Ya kembali lagi ke prinsip awal traveling, semakin susah suatu tempat dicapai, semakin indah pula alamnya. Saya dan Choriek yang emang ga ada niat buat wisata di plat R pun ga mau ambil pusing buat naik menuju pancuran telu, apalagi buang tenaga ke pancuran pitu. Beruntungnya, ada kamera digital milik pakde yang nongkrong dimobil, bisa kita make narsis deh.

Traveling itu emang dari niat, karena niat kami hari itu bukan traveling, jadilah sense kami untuk berfoto tidak terlalu besar. Walaupun ga terlalu besar tapi bisa ngabisi separo memoro digicam pakde saya, hehee...tapi beneran udah ga ada sense buat foto foto narsis yang bener bener gila. Bayangin aja itu hari ke delapan kita nggembel –a
berpose berrsama bude di pintu masuk

ngeksis dimana mana :P


Di Baturraden pun kami sangat menikmati air terjunnya. Tapi juga ga mandi, ga bawa apa apa ini. Kami berfoto dengan angel air terjun, dan menikmati dinginnya serta kesunyian Baturraden. Karena itu hari sekolah, jadi bisa dihitung ada berapa orang yang berkunjung kesana, jadi berasa milik sendiri J tapi kami juga ga beranjak kemana mana selain air terjun itu, karena energi kami sudah habis menjelajah bandung dan garut sepertinya, ditambah butuh energi simpanan di kereta odong odong esok harinya.