Probolinggo, Gak Cuma Bromo


rafting di songa

Probolinggo, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Kota Surabaya. Banyak masyarakat dari luar kota, bahkan luar negeri datang ke Probolinggo untuk berwisata di Gunung Bromo, Gunung nomor tiga terbaik untuk penanjakan di seluruh dunia. Padahal kota ini punya wisata air yang tak kalah menariknya.
Songa Rafting, salah satu wisata rafting di Jawa Timur. Sebenarnya masih banyak wisata rafting Jawa Timur yang lain, seperti Kasembon Malang dan wisata rafting baru di Pacet Mojokerto. Arung Jeram merupakan rekreasi air mengarungi sungai berair deras menggunakan sarana perahu karet. Perahu karet yang dipakai adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan untuk melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.
Arena arung jeram berada di Sungai Pekalen, terletak 25 km dari kota Probolinggo tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron, dan Kecamatan Gading. Bantaran sungai yang bisa diarungi berjarak 29 km yang terbagi atas 3 area. Dan Songa membagi paketnya menjadi 3 bagian ; Sungai Pekalen Atas berjarak 12 km, Sungai Pekalen Tengah berjarak 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah berjarak 10 km. Sungai pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter, memiliki tingkat kesulitan (grade) 2 - 3+ dan kedalaman air kurang lebih 1-3. Karakteristik sungai berbelok dan bertebing, Panorama alam yang indah, puluhan jeram yang eksotis dan menantang, kemegahan air terjun, dan kemolekan gua-gua kelelawar, serta masih ditemuinya beberapa satwa langka seperti burung elang, burung kepodang, monyet, biawak, linsang, tupai dll, menjadi daya tarik tersendiri yang bisa kita nikmati.
Lokasi basecamp songa rafting tidaklah begitu sulit karena dari jalan raya Probolinggo telah terpasang papan petunjuk (pointer) terletak di sisi kiri maupun kanan jalan. Dari jalan raya ini harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk sampai ke basecamp. Saat tiba di base camp songa rafting, peserta akan disuguhi minuman selamat datang, setelah itu diperkenankan untuk berganti pakaian yang nyaman untuk berarung jeram. Sebelum berangkat menuju start point para pengunjung wisata arung jeram songa rafting akan dilengkapi pelindung keselamatan seperti helm dan jaket pelampung, serta dipandu oleh seorang guide yang telah terlatih dan berpengalaman. Untuk menuju ke start point, para pengunjung yang akan berarung jeram akan diangkut dengan mobil pick-up (shuttle truck).

Harga Paket Arung Jeram, Songa Rafting
  1. Rafting Songa Bawah
Biaya Paket Arung Jeram:
·         Rp. 189.000
Peserta: Minimal 5 orang
Fasilitas:
·         Welcome drink,
·         Peralatan standard,
·         Air mineral bekal pengarungan,
·         Transportasi local,
·         Guide
·         Rescue team,
·         Snack dan kelapa muda,
·         Makan siang,
·         Asuransi,
·         Rafting trip 10 km
  1. Rafting Songa Atas
Biaya Paket Arung Jeram:
·         Rp. 219.000
Peserta: Minimal 5 orang
Fasilitas:
·         Welcome drink,
·         Peralatan standard,
·         Air mineral bekal pengarungan,
·         Transportasi local,
·         Guide
·         Rescue team,
·         Snack dan kelapa muda,
·         Makan siang,
·         Asuransi,
·         Rafting trip 12 km
  1. Penginapan Cottage Kamboja, Songa
Biaya:
·         Rp. 50.000,-/orang
Fasilitas: Penginapan berbentuk gazebo, makan pagi
Fasilitas pendukung di SONGA Adventure, diantaranya :
* basecamp yang representatif untuk stay maupun kegiatan outbound
* outdoor cottage
* restaurant
* camping ground
* aula
* souvenir shop
* counter photo
* loker
* mushola
* kamar mandi & shower terbuka
* ruang ganti
* area parkir yang luas
* dll.
Website: http://songarafting.com